Tiap sepeda pasti memiliki komponen atau part,karena tanpa komponen itu sepeda tidak akan berfungsi.Ada juga komponen atau part pada sepeda tertentu memiliki bentuk yang berbeda tetapi dengan nama dan kegunaannya sama,contoh pada sepeda jenis road bike yang memiliki part pada stang atau handlebar dengan bentuk melengkung kebawah.
Pada artikel ini akan membahas komponen atau part pada sepeda gunung atau lebih dikenal dengan nama MTB,komponen disini bisa diartikan part,sparepart atau spesifikasi yang ada di sepeda gunung atau MTB itu sendiri.Tiap sepeda gunung memiliki part berbeda-beda yang tentunya tiap part memiliki bentuk yang berbeda dengan sepeda lainnya tetapi memiliki kegunaan dan nama yang sama.Part pada sepeda gunung atau MTB ada bermacam-macam merk dan tentunya ada yang lebih mahal ataupun murah,merk part yang terkenal dari dulu sampai sekarang bahkan masih tetap jadi primadona bagi para penghobi sepeda adalah Shimano.
Komponen atau part merk shimano ini memiliki keunggulan yang cukup mantap bagi sepeda gunung,bahkan bisa tahan lama saat digunakan berbagai kondisi medan atau rute.Part shimano ini banyak mengeluarkan berbagai seri diantara nya,shimano tourney,shimano alivio,shimano acera,shimano deore,shimano zee bahkan yang terbaru shimano ultegra mungkin akan mengeluarkan yang terbaru lagi.
Komponen atau part merk shimano ini memiliki keunggulan yang cukup mantap bagi sepeda gunung,bahkan bisa tahan lama saat digunakan berbagai kondisi medan atau rute.Part shimano ini banyak mengeluarkan berbagai seri diantara nya,shimano tourney,shimano alivio,shimano acera,shimano deore,shimano zee bahkan yang terbaru shimano ultegra mungkin akan mengeluarkan yang terbaru lagi.
Komponen atau part pada sepeda bermacam jenis nya dan tiap part memiliki fungsi yang berbeda,part ini sangat berpengaruh bagi kinerja pada sepeda gunung itu sendiri,baik bagi kenyamanan pengendara maupun tampilan.
Kita akan bahas satu persatu apa saja komponen atau part beserta kegunaan nya yang ada di tiap sepeda gunung atau MTB.
Frame
Frame,rangka atau lebih dikenal batang sepeda banyak jenis nya dengan berbagai bentuk,frame sepeda sudah ada sejak jaman dulu bahkan seiringnya berjalan waktu frame tersebut mengalami perubahan dari berbagai jenis.Frame ini adalah komponen yang paling utama untuk terbentuknya sebuah sepeda.
Frame mempunyai beberapa bagian :
1. Top Tube
2. Down Tube
3. Seat Tube
4.Seat Post, digunakan untuk dudukan sadel atau jok
5.Seat Stay
6.Chain Stay
Groupset
Groupset adalah kumpulan komponen atau part,biasanya kita sebut Groupset atau istilah Profesional nya Drivetrain, yang isinya adalah Crank, Shifter, Front Draileur (FD), Rear Draileur (RD), Sprocket atau Kaset dan Rantai atau Chain.
Handlebar
Handlebar ini lebih dikenal dengan stang kemudi,pada sepeda MTB ada beberapa jenis yaitu Monkey bar, Rise bar dan Standart bar.
Handlebar adalah kokpit sepeda, dimana untuk kontrol gigi transmisi, rem depan/belakang terdapat di handlebar ini.
Stem
Stem merupakan bagian penghubung pada sepeda,berfungsi untuk menghubungkan handlebar,Headset dan Fork atau shock depan.Stem tersedia dalam beberapa ukuran dengan jenis yang berbeda.Stem untuk suspensi depan atau fork yang panjang (long travel) bentuk stem berbeda dengan stem standart.
Hand Grip
Hand Grip adalah pembungkus atau pegangan pada tiap ujung handlebar atau stang yang berbahan karet atau plastik.Hand grip ini supaya memberikan kenyamanan saat memegang handlebar atau stang
Front Fork
Front fork atau garpu depan dengan pegas atau biasa dikenal shockbreaker yang memiliki sistem dari kombinasi Angin,Oli dan Per.
Front fork ini ada beberapa jenis untuk tiap sepeda dengan ukuran yang berbeda,fork yang memiliki suspensi dan tidak memiliki atau rigid fork.
Rear shock
Rear Shock adalah suspensi dibagian belakang sepeda tepatnya ditengah frame.Bentuknya dapat berupa per atau pegas angin.Teknolgoi Rear Shock sudah dikembangkan dengan dual chamber atau dua tabung untuk ke stabilan suspensi.Rear shock ini biasa terdapat pada sepeda gunung atau MTB jenis tertentu
FD
Front derailleur atau FD adalah pemindah gigi depan yang berfungsi untuk memindahkan rantai pada chainrings 1 ke posisi lainnya sesuai dengan perintah dari shifter.Posisi FD ini terdapat dibagian depan dekat chainrings
RD
RD atau Rear derailleur ini alat pemindah gigi bagian belakang yang berfungsi untuk memindahkan rantai pada sprocket 1 ke posisi lain sesuai dengan perintah dari shifter.Posisi RD ini terdapat dibagian belakang dekat sprocket
Chain ring
Chain Ring merupakan komponen transmisi gigi bagian depan dan biasanya terdiri dari 1 - 3,ada yang 2 ataupun 1 yang dinamakan single,chain Ring yang berfungsi menghubungkan rantai dengan Crankset dan juga chain ring ini untuk mengontrol laju sepeda saat menemukan rute yang beraspal atau berbatu
Sprocket atau cassette
Gir atau transmisi gigi yang terdapat di bagian ban belakang yang berfungsi mengatur laju atau speed pada sepeda saat di kayuh.Sprocket ini ada beberapa lapisan gir,ada yang 7 gir ada juga yang 11 gir atau speed (speed jumlah pada gir)
Chain
Chain atau rantai merupakan komponen yang berguna untuk menghubungkan Chain Ring (Gir atau Gigi) bagian depan dan belakang sehingga pada saat kita mengayuh pedal,roda belakang juga ikut berputar sehingga sepeda dapat bergerak
Shifter
Alat atau komponen yang terdapat di handlebar atau stang,yang berfungsi untuk menggerakan atau memindahkan gigi yang dibantu dengan FD (front derailleur) dan RD (rear derailleur).Shifter yang terdapat di sepeda ada 2 dan tiap fungsi shifter berbeda,ke 1 untuk penggerak RD yang mencapai 7 – 11 speed,yang ke 2 untuk FD biasanya hanya terdiri 1 – 3 gir atau speed.Shifter ini terpisah dari tuas rem
Brifter
merupakan shifter dan brake lever yang digabung menjadi satu bagian,yang mempunyai fungsi yang sama seperti shifter yaitu sebagai pengendali FD, RD tetapi sudah menyatu dengan tuas rem
Seat post
Komponen atau part ini berfungsi sebagai penyangga sadel atau jok agar dapat terhubung dengan frame atau rangka sepeda.Bahkan seat post ini ada yang berupa hidrolik yakni saat kita akan memindahkan posisi jok ke yang lebih tinggi atau rendah kita hanya menekan tombol yang terdapat di handle bar atau stang
Brake lever
Brake lever atau rem mekanik ini bisa dikatakan tuas untuk menggerakkan rem depan atau belakang dan jenis brake lever ini masih menggunakan kabel kawat yang tertanam di dalam kabel rem
Brake hidrolik
Brake hidrolik atau rem hidrolik ini tuas yang menggerakkan rem depan dan belakang,tetapi pada kabel rem jenis ini digantikan dengan minyak oli dengan sistem tekanan Hidrolik.Brake hidrolik jenis tuas rem ini lebih nyaman dibandingkan rem mekanik atau brake lever.Memiliki kelebihan lebih ringan ketika melakukan pengereman pada jari tangan,tetapi butuh perawatan yang extra
Disc brake atau Kaliper
Komponen atau part yang berguna untuk rem yang memiliki kanvas,part ini mencengkram di piringan cakram atau rotor.Disc brake ini ada dua jenis,yang ke satu jenis mekanik yang didalam kabelnya masih memakai kabel kawat dan yang ke dua hidrolik yang pada kabel nya sudah memakai oli
Rotor
Rotor atau lebih dikenal dengan nama piringan cakram yang berfungsi menghentikan laju ban,rotor ini biasa digunakan oleh jenis rem disc brake atau mekanik dan hidrolik
Brake pad
Brake pad atau kanvas pada rem untuk jenis rem Disc Brake yang berfungsi penjepit cakram
Headset
Headset adalah bagian depan yang terdapat di frame pada bagian set tube yang didalamnya terdapat bearing dan komponen lainnya yang berfungsi untuk menghubungkan Fork depan dengan stem dan handlebar
Saddle
Saddle atau lebih dikenal jok sepeda,sadle ini banyak berbagai bentuk yang di peruntukkan bagi kenyamanan duduk bagi pengendara sepeda
Pedals
Komponen atau part yang menempel dengan crank yang berfungsi untuk injakkan kaki yang digunakan untuk mengayuh sepeda
Crankset
Crankset merupakan komponen atau part lengan yang menghubungkan pedals dengan chainrings
Idler pulley
Idler pulley merupakan bagian kecil seperti Chain Ring (Gir) yang terletak pada RD atau Rear Daraeilleur yang berfungsi sebagai tempat berpijaknya Chain (Rantai).
Hub dan Freehub
Komponen ini berfungsi agar roda dapat berputar dengan sempurna yang di dalamnya terdapat bearing atau bola besi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan sehingga putaran roda menjadi lebih loncer.Hub berada pada roda depan, sedangkan yang barada di roda belakang disebut dengan freehub
Rims
Rims atau lebih dikenal dengan nama pelk yang merupakan tempat menempelnya Ban (Tire).Rims dihubungkan dengan beberapa kawat Ruji dari Hub (As) sehinggan apabila Hub berputar maka Rims pun ikut berputar
Tire
Tire atau Ban adalah komponen yang menempel pada rims atau pelk.Ban ini ada dua macam yakni ban luar dan ban dalam.Tire atau ban ini banyak berbagai jenis dengan kembang yang berbeda dengan kegunaan yang berbeda pula.Ban dengan kembang tipis biasanya digunakan pada rute jalan aspal
Quick release
Quick release atau disingkat QR ini biasa dikenal sebagi Kunci bagian ban depan atau belakang,supaya ban tersebut mudah di lepas pasang
Spoke
Spoke atau jari-jari yang terdapat pada rims atau pelk sepeda yang mempunyai kegunaan untuk menahan pelk dan menghubungkan antara hub dan pelk
Sekian artikel tentang komponen pada sepeda gunung atau MTB,jika ada tambahan bisa isi komen di kolom komentar,jangan lupa di follow,like dan share
Semoga bermanfaat ;)
No comments:
Post a Comment