Monday 25 March 2019

Mengenal istilah seputar rute sepeda

                                                                  Picture by Google
 

Sepeda banyak digunakan oleh berbagai kalangan sebagai alat transportasi ataupun untuk berolahraga,sepeda sangat simple untuk dipakai,selain ramah lingkungan dan juga tanpa bahan bakar.Kita mengenal berbagai jenis sepeda dengan fungsi yang berbeda-beda dan sampai sekarangpun sepeda masih dipergunakan untuk berbagai aktivitas seperti bekerja dan sekolah.
Berbagai komunitas sepedapun bermunculan diantaranya komunitas sepeda dari Bandung,komunitas sepeda 24custombike dan Onestonebike.
Berbagai istilah pun dalam bersepeda hadir dengan arti yang berbeda,mungkin belum ada yang mengenal dari istilah yang ada sangkutpautnya dengan sepeda.Disini akan membahas istilah-istilah yang sering didengar,digunakan oleh para penggemar sepeda,diantaranya sepeda gunung atau MTB

Berikut ini berbagai istilah dari seputar sepeda,track,medan atau rute :

DH
Bersepeda dengan track menurun yang tajam,bahkan medan yang ekstrim

Uphill
Kebalikan dari DH,yakni bersepeda dengan track yang naik atau menanjak dan biasanya dipakai pada jalan beraspal.

Offroad
Bersepeda dengan track yang bertanah dan berair atau medan yang tidak beraspal.Biasanya digunakan oleh sepeda gunung.

Onroad
Kebalikan dari offroad,yakni bersepeda dijalan yang beraspal dan biasa nya digunakan oleh sepeda balap atau road bike.

AM dan MTB
AM atau All Mountain istilah yang digunakan untuk menyebut jenis sepeda MTB yang dipakau untuk track yang ekstrim sedangkan MTB atau Mountain Bike istilah yang digunakan untuk menyebut jenis sepeda gunung yang dipakai untuk track offroad dan onroad.

Makadam
Istilah makadam ini diartikan sebagai medan atau track dengan memiliki struktur berbatu,istilah ini merujuk pada penemu struktur jalan yang berbatu yaitu bermama John Mc Adam.Medan atau track jenis makadam ini mengunakan sepeda khusus dari jenis MTB AM yang memiliki double suspensi,karena medan atau track ini berbatu yang memicu adrenaline

Roller Coaster
Istilah dari roller coaster ini merujuk pada medan atau track yang bervariasi antara turunan dan tanjakan,dengan jarak tempuh yang pendek sehingga memacu pesepeda untuk melaju dengan cepat.

Hammer
Istilah ini untuk menyebut posisi mengendarai sepeda sambil berdiri dan sambil mengayuh sepeda,biasa nya posisi ini digunakan saat di tanjakan.

Single track
Istilah dari single track ini yaitu medan atau track yang sempit dengan jalur yang tunggal dan hanya bisa dilalui satu sepeda.

Double track
Istilah double track ini kebalikan dari single track yaitu medan atau track yang besar dan lebar,yang bisa dilalui lebih dari satu sepeda.

Drop off
Istilah ini adalah turunan yang terjal dan jenis sepeda untuk drop off ini harus mampu melompat dan turun bukan hanya meluncur saja.

Slope
Istilah dari slope adalah kemiringan dari medan atau track tanjakan maupun turunan,dapat dikatakan tanjakan atau turunan ekstrim jika sudah melewati 30 derajat.

Seli
Seli adalah sepeda lipat bisa juga disebut sepeda folding yang memiliki ukuran roda 16inch dan 20inch.

XC (Cross Country)
Istilah XC ini ditujukan kepada jenis sepeda gunung atau MTB dengan digunakan pada track yang lebih ringan.

Road Bike
Road bike ini bisa dikatakan jenis sepeda balap dan diperuntukan untuk track jalan yang beraspal atau jalan raya.

Itulah dari sebagian istilah yang sering kita dengar saat bersepeda atau sekedar mendengar.
Silahkan bagi kalian yang mempunyai istilah lainnya tentang seputar sepeda atau ingin menambahkan bisa isi komen dibawah dan jangan lupa untuk follow,like dan share.

No comments:

Post a Comment

Keindahan Alam Gunung Wayang Windu Pangalengan

Pada artikel ini tidak akan mengulas secara detail tentang gunung wayang windu ini,hanya akan menyajikan keindahan alam yang ada di gun...